PERAN KECINTAAN MEREK DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN

Studi pada Pengguna iPhone di Denpasar

Authors

  • I Dewa Gede Kresna Wirawan Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

hubungan-merek pelanggan, kecintaan merek, kesediaan membayar dengan harga premium, word-of-mouth

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran kecintaan merek dengan pendekatan kausal dan faktor-faktor yang membangun hubungan merek konsumen (identifikasi merek, kepercayaan merek dan komitmen merek) yang berdampak pada word-of mouth dan kesediaan untuk membayar dengan harga premium pada pengguna iPhone. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan metode Partial Least Square dengan sampel sebanyak 100 orang yang berdomisili di Denpasar. Penentuan sampel dengan metode nonprobability sampling, yaitu purposive sampling, dengan kriteria responden yang menggunakan smartphone iPhone selama 2 tahun terakhir. Temuan pada penelitian ini menunjukkan identifikasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecintaan merek dan komitmen merek. Kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecintaan merek dan komitmen merek. Kecintaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen merek, word-of-mouth, dan kesediaan membayar dengan harga premium. Komitmen merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap word-of-mouth dan terhadap kesediaan membayar dengan harga premium. Penelitian ini memiliki implikasi bahwa penting bagi pihak manajemen untuk meningkatkan kesadaran merek iPhone sehingga pengguna dapat dengan mudah mengenali merek melalui bentuk produk, durabilitas produk, dan kecanggihannya

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-02-03