Implementasi model pembelajaran Talking stick untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X-MIPA 4 SMAN 1 banjarangkan Tahun pelajaran 2018/2019

Authors

  • I Ketut Westra Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Ni Komang Ayu Widyawati Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Model Pembelajaraan Talking Stick, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Ekonomi dengan implementasi model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas X-MIPA 4 SMA Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian inia dalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banjarangkan yang melibatkan seluruh siswa kelas X-MIPA 4 yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan yang didalamnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian diketahui dari rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat pada siklus I menjadi 46,38% pada pertemuan pertama, 50,27% pertemuan kedua, pada pertemuan ketiga menjadi 55,28% kategori cukup aktif. Pada siklus II rata-rata keaktifan siswa meningkat menjadi pertemuan pertama 60,83%, pertemuan kedua 67,50%, pertemuan ketiga keaktifan siswa meningkat menjadi 74,72,% kategori aktif. Begitu halnya dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan, refleksiawal rata-rata hasil belajar siswa 70,69, daya serap 70,69%, ketuntasan klasikal 44,44, sehingga dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 73,86, daya serap 73,86% dan ketuntasan klasikal 66,67%. Pada tahapan siklus II menunjukan terjadinya peningkatan dengan rata-rata 78,52, daya serap 78,52% dan pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa33 orang siswa (91,67%) mampu mencapai KKM dan 3 orang siswa (8,33%) yang belum mencapai KKM. Ketuntasan klasikal mencapai 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian pada refleksi awal, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa implementasimodel pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X-MIPA 4 SMA Negeri 1 Banjarangkan Tahun pelajaran 2018/2019

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-09-13