Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2018/2019
Keywords:
Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Aktivitas dan hasil belajar ekonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarangkan melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarangkan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Banjarangkan. Hasil penelitian siklus I dimana jumlah siswa yang tuntas 19 siswa (57,58%) dan yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa (42,42%). Aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 49,61% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,57, daya serap 74,57% dan ketuntasan klasikal yang mrncapai 57,58%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa (87,88%) dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa (12,12%), dimana untuk siswa yang tidak tuntas diberikan tugas tambahan berupa tugas individu untuk melengkapi nilai siswa yang tidak tuntas. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai 79,53% dengan nilai rata-rata hasil belajar 79,54, daya serap 79,54% dan ketuntasan klasikalnya adalah 87,88%