Implementasi Model Pembelajaran PBL Dengan Media Karsan (Kartu Arisan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X-IPA 4 SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019
Keywords:
Model Pembelajaran PBL, Media Karsan (Kartu Arisan), Hasil Belajar Ekonomi SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X-IPA 4 melalui Implementasi Model Pembelajaran PBL dengan Media Karsan (Kartu Arisan) di SMAN 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah PTK Kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-IPA 4 SMAN 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan jumlah siswa 40. Objek penelitian adalah Implementasi Model Pembelajaran PBL dengan Media Karsan dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X-IPA 4 SMAN 8 Denpasar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I skor rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X-IPA 4 SMAN 8 Denpasar sebesar 2,986, daya serap 74,65 dan ketuntasan klasikal 70%. Adanya peningkatan rata-rata hasil belajar ekonomi sebesar 1,23% dari 73,42 pada refleksi awal menjadi 74,65 pada siklus I. Jumlah siswa yang tuntas pada refleksi awal (57,50%) dan tidak tuntas (42,50%). Maka dari hasil penelitian diatas peneliti dapat menyatakan bahwa Implementasi Model Pembelajaran PBL dengan Media Karsan (Kartu Arisan) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X-IPA 4 secara maksimal dan juga efektif. Sehingga menambah wawasan pengetahuan pada siswa kelas X-IPA 4 SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk bisa berinovasi, kreatif dalam pemecahan masalah mata pelajaran ekonomi