PENGARUH MOTIVASI GURU, KOMPETENSI DAN DISIPLIN SISWATERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK SARASWATI DENPASAR

Authors

  • I Ketut sugama Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Motivasi, kompetensi, disiplin

Abstract

Kualitas Pengelolaan Pembelajaran guru yang tercantum dalam keberhasilan proses pembelajaran  meliputi beberapa aspek antara lain : (1) persiapan guru, (2) penguasaan materi, (3) penggunaan media pengajaran, (4) penggunaan metode, (5) pengaturan kelas, (6) Interaksi belajar mengajar , (7) keteladanan guru, (8) melaksanakan bimbingan, (9) mengembangkan pribadi siswa, dan (10) melaksanakan penilaian proses dan hasil. tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :­1 Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi bejarar siswa di SMK Saraswati Denpasar.2. Untuk mengetahuhi pengaruh kompetensi terhadap prestasi belajar siswa di SMK Saraswati Denpasar. 3. Untuk mengetahui  pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajardi SMK Saraswati Denpasar. Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kompetensi dan displin siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMK Saraswati Denpasar.  Penelitian ini bersifat ex-post facto atau noneksperimen. Hasil uji t motivasi guru diperoleh b1 sebesar 0,217 dan tingkat signifikansi 0,008 lebih kecil dari sig 0,05, maka motivasi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Artinya bila motivasi guru  meningkat maka prestasi belajar siswa akan meningkat.  Hasil uji t kompetensi diperoleh b2 sebesar 0,283 dan tingkat signifikansi 0,097 lebih besar dari sig 0,05, maka kompetensi berpengaruh positif  terhadap prestasi belajar siswa. Artinya bila kompetensi  meningkat maka prestasi belajar siswa  akan meningkat.  Hasil uji t disiplin belajar siswa diperoleh sebesar 0,415 dan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari sig 0,05, maka disiplin belajar siuswa   berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Artinya bila disiplin siswa meningkat maka prestasi belajar siswa meningkat.  Hasil uji F diperoleh sebesar 29,471 dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, berarti motivasi guru, kompetensi dan disiplin siswa berpengaruh positif dansignifikan terhadap prestasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-11-14