Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS), IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) pada siswa kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Pada siklus I,nilai rata-rata mata pelajaran IPS siswa kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar sebesar 67.80, dengan daya serap sebesar 67,80% dan ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang atau mencapai 15,00%. Ini menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 17,48 dari rata-rata pada refleksi awal sebesar 50,32 menjadi 67,80 pada siklus I. Dan  persentase aktivitas siswa sebesar 41,50%, ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa berlangsung kurang aktif. Pada siklus II,nilai rata-rata mata pelajaran IPS siswa kelas VIII B SMP Dharma Wiweka Denpasar sebesar 80,10, dengan daya serap80,10% dan ketuntasan klasikal telah mencapai 40 orang atau 100%. Ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 12,30 yaitu dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 67,80 pada siklus I menjadi 80,10 pada siklus II.  Dan persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 41,00% yaitu dari 41,50%  pada siklus I menjadi 82,50% pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus II tergolong sangat aktif

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-02-14