Korelasi Kreatifitas Dan Disiplin Guru Dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017
Keywords:
Kreatifitas Guru, Disiplin Guru, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Korelasi Kreatifitas Guru dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Korelasi Disiplin Guru dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 122 orang. Dengan jumlah sampel sebanyak 83 siswa.Teknik pengambilan data menggunakan koesioner dan dokumentasi dengan metode analisis data menggunakan uji Analisis data Deskriptif, Uji Prasyarat Analisis, dan Uji Hipotesis.Berdasarkan hasil analisis data dengan analisis korelasi product moment diperoleh hasil X1 (Kreatifitas Guru) dengan Y (Prestasi Belajar) diperoleh hasil sebesar rxy = 0,294, dan hasil analisis X2 (Disiplin Guru) dengan Y (Prestasi Belajar) sebesar rxy = 0,478. Berdasarkan koefisien korelasi tersebut, maka nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini telah melebihi angka batas penolakan Hipotesis Nol (Ho) yaitu 0,213, jadi nilai rxy adalah signifikan dengan taraf 5%, sehingga alternatif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa: (1) “Ada Korelasi Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017” , (2) “Ada Korelasi Disiplin Guru Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017”, sedangkan hasil analisis regresi diperoleh hasil Ry(1,2) sebesar 0,52337, dan Ry2(1,2) sebesar 0,2739196, Selanjutnya harga Ry(1,2) = 0,52337 diuji apakah signifikan atau tidak digunakan rumus Freg