Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2018/2019
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Koopertaif tipe Talking StickAbstract
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2018/2019.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan tatap muka.Subjek penelitian siswa kelas X IPS 2 Semester Genap SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa 31 orang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 23 orang siswa laki-laki. Objek penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kels X IPS 2 semester genap SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil refleksi awal sebelum diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stickdi kelasX IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2018/2019, yaitu dengan Total nilai mata pelajaran sejarah sebesar 2,073, dengan rata-rata 66,87 (2,073:31), daya serap 66,87% (66,87:100×100%), serta ketuntasan Klasikal adalah 29,03% (9:31×100%).Pada siklus I nilai rata-rata siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat tahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran sejarah adalah 73,09 (2,266:31), dengan total daya serap siswa sebesar 73,09% (73,09:100×100%), dan Nilai Ketuntasan Klasikal siswa sebesar 54,83% (17:31×100%). Pada siklus II, total nilai siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barattahun pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran sejarah sebesar2,489, dengan nilai rata-rata siswa sebesar 80,29 (2,489:31), dengan total daya serap 80,29% (80,29:100×1005), dan Nilai Ketuntasan Klasikal 93,54% (29:31×100%). Berdasarkan siklus I sampai siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dapat disimpilkan bahwa penerapam model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Komodo Kabupaten Manggarai Barat Tanun Pelajaran 2018/2019