Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Pejukutan Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • I Komang Edi Sanita Asnawa Prodi Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Ni Putu Yuniarika Parwati Prodi Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Prestasi Belajar, Role Playing

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Pejukutan, diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembeljaran IPS di kelas VIII. Permasalah tersebut antara lain : (1) Terjadi kebosanan pada siswa pada saat pembelajaran berlangsung, hal tersebut menandakan lemahnya motivasi belajar siswa; (2) Rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran; (3) Iklim pembelajaran masih bersifat teacher centered. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Pejukutan. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya 67 mengalami penngkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar 75,36 dan presentase 52% meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar 79,52 dan presentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar 96%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-02-14