PENGARUH IKLIM KERJA DAN FASILITAS TERHADAP KINERJA GURU DI SMK REKAYASA DENPASAR

Authors

  • I Ketut Sudana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Ni Luh Putu yesy Anggreni Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Iklim Kerja, Fasilitas, Kinerja

Abstract

Sumber Daya Manusia yang unggul sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. SDM juga memerlukan sarana untuk menunjang pekerjaan. Begitu juga halnya dengan seorang guru. Kinerja seorang guru dinilai tidak dari hasil belajar peserta didik saja. Tetapi bagaimana guru tersebut berinteraksi serta memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah.

Penelitian dengan judul “Pengaruh Iklim Kerja Dan Fasilitas Terhadap Kinerja Guru Di SMK Rekayasa Denpasar” bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Rekayasa Denpasar, (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Fasilitas terhadap Kinerja Guru di SMK Rekayasa Denpasar, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Iklim Kerja dan Fasilitas secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru di SMK Rekayasa Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear dua prediktor, Untuk mengetahui nyata tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat maka dilakukan pengujian dengan melakukan analisis regresi, yaitu analisis variansi garis regresi untuk menemukan harga F garis regresi, yang kemudian dapat diuji signifikan atau tidaknya harga F tersebut, kemudian mencari Sumbangan Relatif (SR) masing – masing prediktor X1 dan X2 terhadap kriterium Y dari analisis regresi dua Prediktor, dan mencari sumbangan Relatif (SR) masing – masing prediktor X1 dan X2 terhadap kriterium Y dari analisis regresi dua Prediktor. Subjek penelitian yaitu SMK Rekayasa Denpasar dengan objek penelitian adalah Guru di SMK Rekayasa Dnepasar..

Berdasarkan hasil analisis prediksi dua prediktor yaitu, prediktor X1 (iklim kerja) dan X2 (fasilitas) terhadap Y (Kinerja Guru), diperoleh harga Freg sebesar 5,725. Dengan (N-m-1) dalam kasus ini db = 27/2, dengan taraf signifikasi 5% nilai Ftabel sebesar 3,26. Ini berarti bahwa, garis regresi yang di analisis signifikan untuk dijadikan landasan prediksi karena terdapat kontribusi yang signifikan antara kriterium (Y) dan prediktor-prediktor (X1, X2). Sumbangan Relatif (SR) dalam % tiap prediktor adalah : Prediktor X1 = 17,78% dan Prediktor X2 = 82,22% terhadap kriterium Y pada SMK Rekayasa Denpasar. Berdasarkan hasil tersebut garis regresinya sebesar 40,80% yang terdiri dari sumbangan efektif prediktor X1 (Iklim Kerja) = 12,30%. Dan sumbangan efektif prediktor X2 (Fasilitas) = 30,50%. Sedangkan sisanya sebesar 59,20% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Berdasarkan hasil analisis diatas diharapkan guru dapat meningkatkan kulitasnya dengan cara mulai belajar menerima perkembangan yang ada, mau memperbaharui ilmu sesuai perkembangan yang ada, sehingga tidak tertinggal oleh perkembangan yang ada. Guru juga diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-09-13