Korelasi Antara Kompetensi Pedagogik Guru Dan Disiplin Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018
Keywords:
Kompetensi pedagogik, disiplin belajar, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Korelasi antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Korelasi antara Disiplin Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018, serta (3) Korelasi antara Kompetensi Pedagogik Guru dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA PGRI 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan penelitian populasi dengan responden sebanyak 47 siswa.Hasil korelasi Product Moment kompetensi pedagogik dengan prestasi belajar menunjukan nilai rxy 0,5424, dan nilai korelasi Product Moment disiplin belajar siswa dengan prestasi belajar siswa menunjukan nilai rxy 0,4052. Harga rtabel untuk kesalahan 5% sebesar 0,288. Diperkuat dengan analisis regresi dua prediktor (Ry(1,2)) 0,5733450761 dan harga fregresi 10,773432816 dengan taraf signifikan 5% 3,21, disertai dengan SR% sebesar 74,49% dan sebesar 25,51% . Efektifitas garis regresinya sebesar 32,87% yang terdiri dari dari sumbangan efektif 24,48% dan 8,39%, sedangkan sisanya 67,13% (100% - 32,87%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada kesempatan ini. Jadi “Kompetensi Pedagogik Guru dan Disiplin Belajar Siswa “ memiliki pengaruh yang signifikan terhadap “Prestasi Belajar Siswa”