Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Dengan Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 3 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Vina Rosalina Harmin Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Ni Nyoman Murniasih Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • I Wayan Suana Prodi Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Model Pembelajaran Mastery Learning, Tutor Sebaya, Prestasi Belajar Ekonomi

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning dengan Tutor sebaya untuk meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS 3 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Mastery Learning dengan Tutor Sebaya di kelas X IPS 3 SMA PGRI 2 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Objek penelitian penerapan model pemebelajaran Mastery Learning deng Tutor Sebaya untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS 3 SMA PGRI 2 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan observasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah menskor, mengubah skor mentah menjadi skor standar, mencari skor rata-rata prestasi belajar, menentukan rata-rata persentase aktivitas siswa, menghitung daya serap, ketuntasan klasikal, menentukan peringkat prestasi belajar siswa. Diaadakan siklus II rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 15,6% dengan daya serap 81,67% dan ketuntasan klasikal 100% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian pada refleksi awal, siklus I dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mastery learning dengan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS 3 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-02-13