Pengaruh Kesiapan Mengajar Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali Angkatan Tahun 2014
Keywords:
Kesiapan Mengajar, Praktik Pengalaman Lapangan, Minat Menjadi GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara (1)Kesiapan mengajar terhadap
minat menjadi guru, (2)Praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru, (3)Kesiapan
mengajar dan praktik pengalaman lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi
pendidikan ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali angkatan tahun 2014. Subjek penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan tahun 2014 yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner atau angket. Uji coba instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji
coba instrumen dilakukan pada 30 mahasiswa program studipendidikansejarah FPIPS IKIP PGRI Bali
angkatantahun 2014 dengan 17 butir pernyataan valid dan reliabilitas sangat kuat untuk angket Kesiapan
Mengajar, 18 butir pernyataan valid dan reliabilitas sangat kuat untuk angket Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL), dan 21 butir pernyataan valid dan reliabilitas sangat kuat untuk angket Minat Menjadi
Guru. Hasil penelitian: 1)Ada pengaruh Kesiapan Mengajar terhadap Minat Menjadi Guru dengan rxy=
0,592, rtabel= 0,2787 dengantaraf signifikansi 5%. 2)Ada pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
terhadap Minat Menjadi Guru dengan rxy= 0676, rtabel= 0,2787 dengan signifikansi 5%. 3)Ada pengaruh
Kesiapan Mengajar dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Minat Menjadi Guru dengan
Ry(1,2)=0,958, R2y(1,2)= 0,918, Fhitung= 263,489, Ftabel= 3,19 dengan signifikansi 5%