Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Pada Siswa KelasXI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • I Gede Arya Suwartana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • I Gusti Bagus Ardana Adnya Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Ni Luh Putu cahayani Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada Siswa Kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018.Pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam meningkatkan martabat dan kualitas bangsa. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat dan tantangan globalisasi semakin hebat, yang mengakibatkan persaingan diberbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.Dalam penelitian tindakan kelas) ini diterapkan model pembelajaran project based learning yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan pada siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2017/2018. Data diperoleh dengan menggunakan tiga metode yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Pada siklus I, skor rata-rata prestasi belajar siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan adalah 73,32 dan ketuntasan klasikal mencapai 38,23%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 5,38 yaitu, dari 67,94 pada refleksi awal menjadi 73,32 pada siklus I. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan adalah 80,38 dan ketuntasan klasikal mencapai 100%.Perubahan prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 7,06 yaitu, dari 73,32 pada siklus I menjadi 80,38 pada siklus II. Dari penjabaran siklus I dan siklus II dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan prestasi belajar prakarya dan kewirausahaan siswa kelas XI Tata Boga B SMK Negeri 3 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-09-13