IMPLEMENTASI METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI CERPEN “PENULIS TUA” SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 DENPASAR

Authors

  • Rofina Lestania Alusi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

inquiry, resensi, menulis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dalam menulis resensi cerpen “Penulis Tua”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya metode inquiry meningkatkan kemampuan menulis resensi cerpen “Penulis Tua” siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui respon siswa terhadap implementasi metode inquiry dalam meningkatkan kemampuan menulis resensi cerpen “Penulis Tua”. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian ini di jalan Tukad Nyali, Sanur Kaja Denpasar. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 orang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Data diolah menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode inquiry dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi cerpen dan respon siswa terhadap implementasi metode inquiry adalah baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Kencana.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta : Andi.

Hanafiah. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : CV Pustaka Setia.

Luhur, Lusia. 2017. Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X AP 5 SMK PGRI 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018”. Denpasar: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Bali.

Mahlianurrahman. 2017. “Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bumi dan Alam Semesta Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Pendas Mahakam, 3(1). Jurnal.fkip.uwgm.ac.id

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Nurkancana dan Sunarta. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya Usaha Nasional

Samad, Daniel. 1997. Dasar-dasar Meresensi Buku. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Published

2025-03-02