Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lionstar Pada CV. Naga Persada Denpasar

Authors

  • Yustina Mariana Odang Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Dewa Gede Kresna Wirawan

Keywords:

Kualitas Produk,, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian.(2) untuk mengetahui pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian.(3) pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan CV. Naga Persada sebanyak 96 orang yang dijadikan responden.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi,dan kuesioner dengan pengujian analisis regresi linear dua prediktor dan uji determinasi. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan spss versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas Produk (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian(Y). Diketahui bahwa nilai thitung 18,665 lebih besar dari ttabel yaitu 1,985 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (2) Variabel Citra Merek (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Diketahui bahwa nilai thitung 17,577 lebih besar dari ttabel yaitu 1,985 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (3) Variabel Kualitas Produk (X1) dan Citra Merek (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang dibuktikan dengan nilai Fhitung172,538 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,09 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (4) Hasil uji determinasi diketahui bahwa besarnya nilai R Square adalah sebesar 0,789 yang artinya sebesar 78,9% variasi Keputusan Pembelian (Y) dipengaruhi oleh Persepsi Kualitas Produk (X1) dan Citra Merek (X2), sedangkan sisanya sebesar 21,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfred, O. (2013). Influences of Price and Quality on Consumer Purchase of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana a Comparative Study.

Anwar, Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Annafik, A. F. Dan M. Rahardjo. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Membeli Sepeda Motor Yamaha (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Ss Cabang Kedungmundu Semarang). Journal Of Management 1(2) h: 274-281.

Alfian, 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Inova pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Makassar.

Andrianto, H. N., & Idris, I. (2013). MPV Merek Toyota Kijang Inova Di Semarang. Dipenogoro Journal Of Management, 2(3), 1–10.

Annisa Ristanti & Sri Setyo Iriani (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta.

Bambang Kesowo, Kebijaksanaan Pemerintah di Bidang Merek, Makalah Disampaikan dalam acara Temu Wicara Memasyarakatkan Undang-Undang No. 19 Tahun 1992 tentang Merek, Diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UGM – Kanwil Departemen Kehakiman DIY, Yogyakarta, 8-9 Desember 1992.

Darmastuti, Rini. (2012). Media Relations: Konsep, Strategi & Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published

2025-03-02