Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Micro Teaching Melalui Beragam Bentuk Metode Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas
Keywords:
multi strategi belajar, Micro TeachingAbstract
Kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari mahasiswa itu sendiri maupun faktor-faktor lain seperti pengajar (dosen), fasilitas belajar, lingkungan kampus, serta kelembagaan. Dari sisi mahasiswa, keaktifan mahasiswa yang didukung fasilitas serta pengajar yang kreatif, inovatif, memiliki strategi penyampaian yang efektif dan kompeten di bidangnya maka akan meningkatkan kualitas pembelajaran, yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Untuk mencapai hasil yang maksimal, banyak faktor yang masih menjadi kendala. Berbagai macam kendala yang dihadapi seperti kurangnya motivasi mahasiswa terhadap materi yang disajikan, keaktifan mahasiswa yang rendah, strategi belajar yang monoton didominasi oleh ceramah, dan pemberian tugas-tugas rutin.
Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Micro Teaching dengan menerapkan multi strategi pembelajaran, yang dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam empat siklus yang merupakan proses perulangan mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat dilihat bahwa penerapan multi strategi pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Micro Teaching . Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya aktivitas mahasiswa sebesar 16,12 % dan rata-rata prestasi belajar mahasiswa sebesar A-