Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Semester VII Pada Mata Kuliah Praktik dan Seminar Pemasaran Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali Tahun Akademik 2016/2017

Authors

  • Putu Siti Firmani Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Motivasi Belajar, disiplin Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mahasiswa semester VII pada mata kuliah praktikdan seminar pemasaran IKIP PGRI Bali . Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Sampel penelitian ialahseluruhmahasiswaSemester VII baik regular dananfulenpada Mata KuliahPraktikdan Seminar Pemasaran  Program StudiPendidikanEkonomi FPIPS IKIP PGRI Bali TahunAkademik 2016/2017 sebanyak 161orang, yang terdiri dari 87 orang siswa laki-laki dan 74 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk variabel motivasibelajar dan disiplinbelajar serta metode dokumentasi untuk variabel hasil belajar. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dan pengaruh yang positif signifikan antara variabel motivasibelajar dan disiplinbelajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dari nilai Fregresi senilai 154,78 ≥ nilai Ftabel5% senilai 4,75. Sumbangan Relatif untuk variabel X1 (Motivasi Belajar) sebesar 57% dan Sumbangan Relatif untuk variabel X2 (disiplin belajar) sebesar 43%. Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dalam penelitian ini adalah sebesar66,20%, sedangkan 33,80% dipengaruhioleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-30