Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa kelas VIII SMP GANESHA Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017

Authors

  • I Ketut Westra Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk Mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017, Untuk Mengetahui Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017 dan Untuk Mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017.

Dalam pengumpulan data diperoleh 343 anggota populasi yang kemudian diambil 181 sebagai sampel dengan menggunakan teknik Cochran. Untuk Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar memperoleh rxy : 0,5405765 dikonsultasikan dengan r pada tabel Product Moment memenuhi syarat untuk menyatakan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, “Ada Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017.Untuk Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar memperoleh rxy : 0,6401711  dikonsultasikan dengan r pada tabel Product Moment memenuhi syarat untuk menyatakan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, “Ada Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar Semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar diperoleh Freg :86,2328058 yang lebih besar dari F tabel maka dapat disimpulkan Ada Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Ganesha Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017”. Kontribusi Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar sebesar 13,86% dan Kontribusi Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar 35,35%

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-30