Korelasi Kreatifitas dan Disiplin Guru Dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Dewa Ayu Ditta Handayani Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali
  • Ida Bagus Oka Sudarsana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Kreatifitas Guru, Disiplin Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Korelasi Kreatifitas Guru dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Korelasi Disiplin Guru dalam Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif, dengan sampel sebanyak 83 siswa.Teknik pengambilan data menggunakan koesioner dan dokumentasi dengan metode analisis data menggunakan uji Analisis data Deskriptif, Uji Prasyarat Analisis, dan Uji Hipotesis.

Berdasarkan hasil analisis data dengan analisis korelasi product moment diperoleh hasil X1 (Kreatifitas Guru) dengan Y (Prestasi Belajar) diperoleh hasil sebesar rxy = 0,294, dan hasil analisis X2 (Disiplin Guru) dengan Y (Prestasi Belajar) sebesar rxy = 0,478. Berdasarkan koefisien korelasi tersebut, maka nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini telah melebihi angka batas penolakan Hipotesis Nol (Ho) yaitu 0,213, jadi nilai rxy adalah signifikan dengan taraf 5%, sehingga alternatif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa: (1) “Ada Korelasi Kreatifitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017” , (2) “Ada Korelasi Disiplin Guru Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017”, sedangkan hasil analisis regresi diperoleh hasil Ry(1,2) sebesar 0,52337, dan Ry2(1,2) sebesar 0,2739196, Selanjutnya harga Ry(1,2) = 0,52337 diuji apakah signifikan atau tidak digunakan rumus Freg. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil Freg = 15,09 menguji dengan signifikan harga Freg dengan db = 80/2 harga Ft 5% yaitu 3,11, hasil analisis menunjukan harga Freg > Ft. Hal ini berati bahwa “Ada Korelasi Kreatifitas dan Disiplin Guru dalam mengajar Terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi Semester 1 SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumbangan Relatif (SR) X1 = 38,82% dan X2 = 61,18%. Efektifitas Garis regresinya 27,39%, SE X1 = 10,63% dan X2 = 16,76% sedangkan sisanya 72,61% (100% - 27,39%) dipengaruhi oleh faktor lain

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-30