Studi Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Team Achievement Devision ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan –Kerajinan Siswa Kelas SMKN 1 Sukawati Tahun pelajaran 2016/2017
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajaran KewirausahaanAbstract
Pelaksanaan kegiatan penelitian terbatas pada model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas X SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan Penelitian untuk mengetahui komparasi penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan siswa kelas X Multimedia dengan Kelas X Ak 3 semester ganjil SMK Negeri 1 Gianyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Manfaat penelitian dapat dijadikan acuan dalam menentukan pilihan salah satu Model Pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran Kewirausahaan untuk topik-topik tertentu, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam rangka memajukan, meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar.
Berdasarkan hasil Reflesi awal diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas X Multi Media refleksi awal yaitu sebesar 2,25 sedangkan kelas X Ak3 2,36. Sedangkan KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah yaitu sebesar 2,66. Dari jumlah siswa sebanyak 41 kelas X multimedia orang baru 7 orang yang telah memenuhi KKM sedanglan 44 siswa belum
Tuntas. Kelas X Ak 3 yang memenuhi KKM 8 orang dari 43 orang.
Pada Siklus I kelas X Multimedia dari 41 orang siswa 22 orang telah memenuhi KKM, Total Skor Nilai Pelajaran Kewirausahaan = 111,37 dan Nilai Rata-rata Pelajaran Kewirausahaan = 2,72 dan daya serap mencapai 54,40% (2,72/5 x 100%). Kelas X Ak 3 dari 43 orang siswa 18 orang telah memenuhi KK, Total skor 115,87 nilai rata-rata 2,69. Niali rata-rata 2,69, daya serap 67,25 terjadi peningkatan 23,26%.
Pada Siklus II dari jumlah siswa sebanyak 41 orang kelasX Multimedia pada pertemuan siklus II secara keseluruhan sebanyak 41 orang telah mencapai KKM atau sebesar 100% (41/41 x 100%). Peningkatan pencapai KKM siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan dari Siklus I ke Siklus II sebanyak 19 orang (dari 22 orang pada siklus I menjadi 41 orang pada siklus II), ini berarti terjadi peningkatan sebesar 53,69% (22/41 x 100%). Total nilai pelajaran Kewirausahaan = 135,69 dengan nilai rata-rata sebesar 3,31. Sedangkan kels X Ak3 ddari 43 orang siswa baru 34 orang yng memenuhi KKM. Nilai rata-rata 2,82 dengan ketntasan klasikal 79,07%.Pada Siklus III dari jumlah siswa Kelas X Ak3 sebanyak 43 orang telah seluruhnya memenuhi KKM dengan skor rata-rata 3,17 daya serap 79,25% ketuntasan Klasikal 100%