PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP GANESHA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • I Gusti Bagus Ardana Adnya Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antaramotivasibelajar danperhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswakelas VII SMP GaneshaDenpasar.Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Sampel penelitian ialah sebagian siswa kelas VII di SMP Ganesha Denpasar tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 161 orang, yang terdiri dari 88 orang siswa laki-laki dan 73 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk variabel motivasibelajar dan perhatian orang tua serta metode dokumentasi untuk variabel prestasi belajar.Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dan pengaruh yang positif signifikan antara variabel motivasibelajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dari nilai Fregresi senilai 154,78≥ nilai Ftabel5% senilai 4,75. Sumbangan Relatif untuk variabel X1 (MotivasiBelajar) sebesar 57% dan Sumbangan Relatif untuk variabel X2 (Perhatian Orang Tua) sebesar 43%.Besarnya Sumbangan Efektif (SE) dalam penelitian ini adalah sebesar66,20%, sedangkan 33,80% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-10-23