Studi Evaluatif Pelaksanaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) Di IKIP PGRI Bali

Authors

  • Ida Bagus Oka Sudarsana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Evalusi Studi, CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntukmengetahuidanmendeskripsikan: (1) Pelaksanaan   Program   PPL ditinjau dari segi latar (contexts), (2) Pelaksanaan   Program   PPL ditinjau dari segi kualitas daya dukung (input), (3) Pelaksanaan Program PPL ditinjau dari segi kualitas prosedur penyelenggaraan (process), (4) Pelaksanaan Program PPL ditinjau dari segi keterkaitannya dengan ketercapaian tujuan (products), (5) Kendala-kendala  yang dihadapi  dalam Pelaksanaan Program PPL. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif dengan mengadopsi model CIPP dari Stufflebeam. Sampel penelitian 274 peserta PPL di IKIP PGRI Bali yang diambil secara acak.

Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan analisis dengan jalan mengubah skor tersebut ke dalam skor-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta ditinjau dari variabel konteks berada dalam kategori baik dalam menyelenggarakan PPL, atau pelaksanaan PPL ditinjau dari variabel konteks sebanyak 54,38% responden memperoleh skor di atas rata-rata. (2) peserta ditinjau dari variabel input berada dalam kategori baik dalam menyelenggarakan PPL, atau pelaksanaan PPL ditinjau dari variabel konteks sebanyak 55,84% responden memperoleh skor di atas rata-rata. (3) peserta ditinjau dari variabel proses berada dalam kategori baik dalam menyelenggarakan PPL, atau pelaksanaan PPL ditinjau dari variabel konteks sebanyak 52,55% responden memperoleh skor di atas rata-rata. (4) peserta ditinjau dari variabel produk berada dalam kategori baik dalam menyelenggarakan PPL, atau pelaksanaan PPL ditinjau dari variabel produk  sebanyak 51,11% responden memperoleh skor di atas rata-rata.

Berdasarkan pada paparan kondisi di atas, dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan Program Pengalaman Lapangan di IKIP PGRI Bali ditinjau dari variabel konteks, input, proses dan produk telaha berjalan dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-10-23