Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Sikap Keguruan Terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan ekonomi angkatan 2015 Fakultas pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI BALI
Keywords:
Minat, Sikap, Kesiapan, Profesi KeguruanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat profesi guru terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bali, (2) pengaruh sikap keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bali, dan (3) pengaruh minat profesi guru dan sikap keguruan terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bali.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bali angkatan 2010 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 85 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket.Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif antara Minat Profesi Guru terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 IKIP PGRI Bali yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 6,747 pada taraf signifikansi 5% (>yaitu 6,747 >1,988.
Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,595 dan koefisien determinasi sebesar 35,4%, (2) terdapat pengaruh positif antara Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Bali yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 6,532 pada taraf signifikansi 5% > yaitu 6,532 > 1,988. Sedangkan koefisien korelasi sebesar 0,583 dan koefisien determinasi sebesar 34%, dan (3) terdapat pengaruh positif antara Minat Profesi Guru dan Sikap Keguruan terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 , yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 33,380 pada taraf signifikansi 5% (yaitu 33,380 > 3,10. Koefisien korelasi sebesar 0,670, koefisien determinasi sebesar 44,9%. Besarnya sumbangan efektif (SE) dari kedua variabel dalam penelitian ini sebesar 49,9%. Variabel Minat Profesi Guru sebesar 23,5% dan Sikap Keguruan sebesar 21,4%, sedangkan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini