PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 MENGWI TAHUN 2019/2020

Authors

  • Kadek Rika Damayanti IKIP PGRI Bali

Keywords:

Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar, (2) Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi be;ajar, (3) Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Mengwi Tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Mengwi yang berjumlah 105 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling, dimana sampel dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa. Teknik Pengumpulan Data yang diantaranya Identifikasi Variabel, Definisi Operasional Variabel dan Alat Pengumpulan data yang menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner Teknik Analisis Data dianalisis dengan data Pengujian Persyaratan Analisis, Pengujian Hipotesis analisis korelasi product moment, dan analisis regresi dua prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Variabel Kompetensi Guru (X1) berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) hal ini didasari oleh uji t sebesar 6,853 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (2) Variabel Fasilitas Belajar (X2) berpengaruh terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) hal ini didasari oleh hasil uji t sebesar 4,523 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (3) Variabel Kompetensi Guru (X1) dan Variabel Fasilitas Belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa (Y) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Mengwi Tahun 2019/2020 hal ini didasari oleh uji F sebesar 23,014 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (4) hasil koefisien uji determinasi menggunakan metode Adjust R square yaitu sebesar 63,0% kompetensi guru (X1) dan fasilitas belajar (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y) sedangkan sisanya 37,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam variabel penelitian. Sehingga berdasarkan hasil uji diatas dapat disumpulkan terdapat pengaruh signifikan kompetensi guru (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rondi.2015. Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Cahayani, N. L. P. (2018). PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA SLUA (SARASWATI) 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Social Studies, 6(1), 60-69.

Depdiknas 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Mulivariet Dengan Program IBM SPSS 25. Surabaya: Badan Penerbit Universitas di Ponogoro.

Hamalik,Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta.: PT Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Satia.

Hadi. 2015. Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irianto. 2014. Statistik Konsep Dasar & Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.

Permendiknas No.16 Tahun 2007.

Punaji. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Kencana.

Sopiatin. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bandung: Ghalia Indonesia.

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005. Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Yuniasih.2010. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Minat BelajarTerhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Skripsi. IKIP PGRI Bali.

Published

2020-09-01