Korelasi sikap Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA K Thomas Aquino Tahun pelajaran 2016/2017

Authors

  • I Gusti Bagus Ardana Adnya Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Korelasi, Sikap Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian dilakukan di SMA K Thomas Aquino. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Korelasi Sikap Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi, Korelasi Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi, Korelasi Sikap Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA K Thomas Aquino Tahun Pelajaran 2013/2014. Hipotesis yang diajukan adalah, bahwa ada korelasi antara Sikap Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi, Bahwa ada korelasi Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi, Bahwa ada korelasi antara Sikap Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA K Thomas Aquino Tahun Pelajaran 2013/2014. Analisis yang dilakukan dengan Product Moment dengan N=100 dan taraf signifikan 5 % dan Analisis Regresi.

Hasil Analisis pertama ditemukan bahwa ada korelasi antara Sikap Belajar dengan Prestasi Belajar (rxy = 0,707 ≥ rtabel = 0,195). Hal ini terjadi karena sikap belajar adalah kecenderungan siswa bereaksi terhadap pelajaran, secara baik (positif) maupun buruk (negatif). Sikap ini merupakan hasil dari komponen-komponen pembentuk sikap yang diantaranya komponen kognitif (kesadaran), komponen afektif (perasaan), dan komponen konatif (prilaku).Hasil Analisis kedua ditemukan bahwa ada korelasi antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar (rxy = 0,506 ≥ rtabel = 0,195). Hal ini dikarenakan motivasi belajar adalah motor penggerak bagi siswa. Siswa yang memiliki ciri-ciri termotivasi akan melakukan hal-hal yang mendorongnya untuk mendapatkan prestasi yang baik.

Hasil analisis Regresi dengan db = 97/2 dan taraf signifikan 5% ditemukan bahwa ada hubungan antara Sikap Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Ekonomi (Freg = 22,905 ≥ Ftab = 3,11). SR untuk X1 = 63,605% dan X2 = 36,395%. SE = 32,078% yang terdiri dari X1 = 20,403% dan X2 = 11,675%.Temuaan yang didapat dari analisis regresi adalah dengan sikap belajar yang menjadi reaksi dari komponen pembentuk sikap yang ditunjukan siswa berbarengan dengan motivasi yang dimilikinya sebagai motor penggerak dalam bertindak dan melakukan sesuatu, maka ia akan dapat menghasilkan suatu prestasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-02-29