Korelasi Antara Minat Dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Nilai Praktik Kerja Industri Siswa SMK Negeri 2 Sukawati Gianyar

Authors

  • Ida Bagus Oka Sudarsana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Praktik Kerja Industri, Minat Berwirausaha

Abstract

Pendidikan system ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan belajar langsung didunia kerja terarah untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.Dalam rangka merealisasikan pendidikan system ganda tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui praktik kerja industry yaitu suatu kegiatan pendidikan dan latihan kerja dengan mengembangkan kemampuan.Keahlian dan profesi di tempat kerja sesuai dengan bidang studi atau jurusan masing-masing. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sukawati Gianyar dengan tujuan untuk mengungkap korelasi antara Minat dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Nilai Praktik Kerja Industry dikalangan para siswa SMK. Sebagai jawaban sementara dari permasalahan diatas, maka dikemukakan hipotesis sebagai berikut : “Ada korelasi positif yang signifikan antara Minat dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Nilai Praktik Kerja Industry”. Untuk menguji hipotesis ini dikumpulkan data dari 80 siswa yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket.Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan anailisis statistic dengan teknik korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan prestasi belajar dikalangan para siswa tergolong tinggi. Dari sampel 80 orang ternyata 48 orang (60%) menyatakan minat  dan prestasi belajar yang tinggi, sedangkan yang menyatakan cukup tinggi sebanyak 32 orang (40%) dan yang menyatakan minat dan prestasi belajar rendah tidak ada. Nilai praktik kerja industry para siswa SMK Negeri 2 Sukawati Gianyar termasuk kategori lulus dengan baik dengan rata-rata 8,075. Dari analisis data menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara Minat dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Nilai Praktik Kerja Industry.Dengan demikian berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima.Hal demikian menunjukkan bahwa minat dan prestasi belajar merupakan faktor yang menentukan terhadap nilai praktik kerja industri.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-02-29