Pendidikan Karakter Di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar-Bali

Authors

  • I Nyoman Bayu Pramartha Prodi Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Pendidikan karakter, Sekolah Luar Biasa, tunanetra.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran dalam kelas di SLB/A Negeri Denpasar- Bali. 2) implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran luar kelas di SLB/A Negeri Denpasar-Bali. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter di SLB/A Negeri Denpasar-Bali. 4) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter di SLB/A Negeri Denpasar - Bali.

            Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Penelitian ini di lakukan di SLB/A Negeri Denpasar-Bali pada tahun ajaran 2011/2012. Informan dalam penelitian adalah Kepala Sekolah dan  guru IPS, IPA, Kesenian, Penjaskes di SLB/A Negeri Denpasar-Bali. Sumber data yang digunakan adalah: 1) Informan/Narasumber, 2) Tempat atau peristiwa, 3) Arsip dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, kuisioner. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara: 1) Trianggulasi data, 2) trianggulasi metode.

            Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Proses Implementasi pendidikan karakter di dalam kelas berjalan dengan cukup baik, proses integrasi dilakukan pada mata pelajaran IPS, IPA, dan Kesenian. 2) Proses Implementasi pendidikan karakter di luar kelas berjalan dengan cukup baik, proses integrasi dilakukan pada mata pelajaran penjaskes yang merupakan pelajaran praktek di luar kelas. 3) Kendala-kendala dalam implementasi pendidikan karakter cukup beragam mulai dari faktor psikologis dari siswa serta faktor intern dari guru. 4) Solusi untuk mengtasi kendala implementasi pendidikan karakter, antara lain: penggunaan metode yang tepat, pendektan individual dilakukan secara intensif, serta media pembelajaran yang menunjang dalam proses integrasi pendidikan karakter di SLB/A Negeri Denpasar

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-02-29