Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Devision ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X Multimedia SMKN 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Ida Bagus Oka Sudarsana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Metode Pemabelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Kewirausahaan

Abstract

Identifikasi masalah penelitian adalah masih rendahnya kompetensi hasil dan kurangnya  respon siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam pembelajaran kewirausahaan. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah efektifitas dan respon penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kompetensi hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati.Sedangkan tujuan untuk mengetahui efektifitas dan respon penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kompetensi hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015..

Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kompetensi hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dari  jumlah siswa sebanyak 41 orang pada siklus I pertemuan 1 terdapat 22 orang siswa yang telah mencapai KKM  sebesar 2,66 dengan  Nilai Rata-rata 2,72 dan daya serap mencapai 54,40% dan mengalami peningkatan  sebanyak 13 orang atau 31,71%. .Dari Siklus I ke Siklus II terjadi pencapaian KKM yaitu sebesar 26,83%. Nilai i rata-rata sebesar 2,82. Hal ini berarti bahwa daya serapnya mencapai 56,40%  dan Ketuntasan Klasikal (KK) siswa dalam mata pelajaran Kewirausahaan pada siklus II sebesar  80,49%. Pada pertemuan siklus III secara keseluruhan siswa sebanyak 41 orang telah mencapai KKM atau sebesar 100% . Pada siklus ini  terjadi peningkatan sebesar 19,51% (8/41 x 100%) dengan daya serap mencapai 66,20%. Ketuntasan Klasikal (KK) siswa dalam mata pelajaran Kewirausahaan pada siklus III  dihitung berdasarkan rumus sebelumnya adalah sebesar  100%.

Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan respon positif dari siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015.Haini terbukti dari telah tercipta kerjasama yang baik melalui saling mengisi kekurang diantara anggota kelompok. Hal ini berdampak positif bagi upaya siswa untuk mendalami  setiap topik yang dibahas, penguasaan materi semakin mendalam dan berdampak kepada meningkatnya hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-09-02