Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Devision ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X Multimedia SMKN 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015
Keywords:
Metode Pemabelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar KewirausahaanAbstract
Identifikasi masalah penelitian adalah masih rendahnya kompetensi hasil dan kurangnya respon siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam pembelajaran kewirausahaan. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah efektifitas dan respon penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kompetensi hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati.Sedangkan tujuan untuk mengetahui efektifitas dan respon penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kompetensi hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015..
Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kompetensi hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terbukti dari jumlah siswa sebanyak 41 orang pada siklus I pertemuan 1 terdapat 22 orang siswa yang telah mencapai KKM sebesar 2,66 dengan Nilai Rata-rata 2,72 dan daya serap mencapai 54,40% dan mengalami peningkatan sebanyak 13 orang atau 31,71%. .Dari Siklus I ke Siklus II terjadi pencapaian KKM yaitu sebesar 26,83%. Nilai i rata-rata sebesar 2,82. Hal ini berarti bahwa daya serapnya mencapai 56,40% dan Ketuntasan Klasikal (KK) siswa dalam mata pelajaran Kewirausahaan pada siklus II sebesar 80,49%. Pada pertemuan siklus III secara keseluruhan siswa sebanyak 41 orang telah mencapai KKM atau sebesar 100% . Pada siklus ini terjadi peningkatan sebesar 19,51% (8/41 x 100%) dengan daya serap mencapai 66,20%. Ketuntasan Klasikal (KK) siswa dalam mata pelajaran Kewirausahaan pada siklus III dihitung berdasarkan rumus sebelumnya adalah sebesar 100%.
Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD mendapatkan respon positif dari siswa kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Sukawati Tahun Pelajaran 2014/2015.Haini terbukti dari telah tercipta kerjasama yang baik melalui saling mengisi kekurang diantara anggota kelompok. Hal ini berdampak positif bagi upaya siswa untuk mendalami setiap topik yang dibahas, penguasaan materi semakin mendalam dan berdampak kepada meningkatnya hasil belajar siswa