Korelasi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMPN 9 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Ida Bagus Oka Sudarsana Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Profesionalisme Guru, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar IPS

Abstract

Pelaksanaan  proses pembelajaran, tidak hanya sebatas guru dengan siswa saja, ada banyak faktor yang terlibat dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah dimana siswa menjalin hubungan pergaulan dengan teman-teman sekelas ataupun diluar kelas, guru dan staf administrasi dikenal sebagai lingkungan sosial siswa.

Rumusan permasalahan penelitian adalah, apakah ada Korelasi Profesionalme Guru dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 9  Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Sesuai dengan rumusan masalah tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Korelasi Profesionalme Guru dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 9  Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa, “ada Korelasi Profesionalme Guru dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 9  Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015”.

Setelah data dikumpulkan selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan analisis regresi linear dua prediktor.  Beberapa langkah yang ditempuh meliputi: Merumuskan Hipotesis Nol (Ho), Tabulasi Data, Menyusun Tabel Kerja, Mensubstitusikan ke Dalam Rumus, Menguji Harga F dan menarik Simpulan Analisis. Berdasarkan Hasil Analisis data diperoleh Ry (1,2) = 0,82406, R2y (1,2) = 0,67908. Sumbangan Relatif (SR) X1 = 41,53% dan X2 = 58,47%.    Efektivitasnya garis regresinya = 67,91 %, SE X1 = 28,20 % dan X2 = 39,71%. Sedangkan sisanya sebesar 32,09%  (100%-67,91%) dipengaruhi oleh faktor lain.

Untuk menguji harga  Ry(1,2) = 0,82406 signifikan atau tidak digunakan rumus Freg. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Freg = 152,35 Menguji signifikansi harga Freg dengan db=144/2 harga Ft0,05 = 3,06. Hasil analisis menunjukkan harga Freg>Ft0,05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa,” Ada Korelasi Profesionalme Guru dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 9  Denpasar Tahun Pelajaran 2010/2011”

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-02-23