Wajah Dunia Pendidikan : Antara Ideologisasi dan Komersialisasi Pendidikan

Authors

  • Ni Luh Putu Tejawati Prodi Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

Pendidikan, ideologi

Abstract

Dewasa ini ilmu bahkan sudah berada di ambang kemajuan yang mempengaruhi reproduksi dan penciptaan manusia itu sendiri.Jadi ilmu bukan saja menimbulkan gejala dehumanisasi namun bahkan kemungkinan mengubah hakikat kamanusiaan itu sendiri, atau dengan perkataan lain, ilmu bukan lagi merupakan sarana yang membantu manusia mencapai tujuan hidupnya, namun bahkan kemungkinan mengubah hakikat kemanusiaan itu sendiri.Fenomena inilah yang nampak jelas dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia, di ranah praktis atau aksiologi pendidikan mengandung banyak makna (nilai) bahkan cenderung mengalami pergeseran nilai.

Tujuan dan manfaat dari penelitian Wajah Dunia Pendidikan: antara ideologisasi dan komersialisasi pendidikan memberikan manfaat masyarakat dapat mengkaji lebih dalam mengenai Hakekat pendidikan dan Komersialisasi pendidikan. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan metode dokumen.

Berdasarkan hasil penelitian dapat terungkap beberapa hal dalam Wajah dunia pendidikan antara ideologisasi dan komersialisasi pendidikan, adanya pergeseran hakikat pendidikan sejalan dengan berjalannya waktu dan banyak masyarakat yang menjadi bagian dari komersialisasi pendidikan. Wajah dunia pendidikan : antara ideologisasi dan komersialisasi pendidikan dapat memberikan pengaruh pada bidang pendidikan sampai saat ini yang terus berubah secara dinamis

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2015-02-23