Pengaruh Penerapan Jenis Tes Dan Tingkat Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Denpasar
Keywords:
Power test, motivasi belajar, hasil belajar sejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan jenis tes dan motivasi terhadap hasil belajar sejarah.Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Denpasar dengan menggunkan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desaian teramen by level, melibatkan populasi sebanyak 312 orang. Sampel penelitian diambil secara multi stage random sampling. Data motivasi belajar dijaring dengan kuesioner dan hasil belajar sejarah menggunakan tes.Data yang diperoleh selanjutnya, uji hipotesis dianalisis dengan statistika inferensial berupa uji ANAVA dua jalur.
Hasil analisis data menunjukkan: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar sejarah peserta didik yang diberikan power test dengan peserta didik yang diberikan speed test. Kedua, terdapat interaksi antara jenis tes dengan motivasi dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar sejarah