Hubungan Motivasi, Semangat Dan Disiplin Belajar Terhadap prestasi belajar IPS Siswa kelas VII Semester Satu SMP Negeri 3 Tampaksiring Tahun pelajaran 2013/2014

Authors

  • I Ketut Westra Prodi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

motivasi belajar, semangat belajar, disiplin belajar, prestasi belajar IPS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar, mengetahui pengaruh Semangat terhadap prestasi belajar, pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar, serta mengetahui pengaruh motivasi, semangat dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS di SMP Negeri 3 Tampaksiring.

Berdasarkan penelitian ekspos facto data yang diperoleh jumlah populasi sebesar 222 orang siswa.Setelah itu digunakan rumus W.C. Cochran untuk mendapatkan sampel sebesar 139 siswa.Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dokumen.Penyampaian anggota sampel menggunakan teknik Proporsional Rondom Sampling.Data dianalisis menggunakan Korelasi dan Regresi.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : 1) ada  pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan rxy = 0,890 dan r tabel= 0,159. 2) ada pengaruh antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar dengan rxy = 0,695 dengan r tabel= 0,159. 3) ada pengaruh antara motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas VII siswa SMP N 3 Tampaksiring.

       Diperoleh hasil perhitungan (Regresi) R = 0,767 dan R2y = 0,589. Diperoleh Freg = 97,54 dimana nilai Ftabel = 3,06 sehingga Freg = 97,54 < 3,06 dengan (Sumbangan Relatif) SR% prediktor X1 = 30,08%, prediktor X2  = 25,06% dan prediktor X3 = 44,86% sedangkan (Sumbangan Efektif) SE% prediktor X1 = 28,40%, prediktor X2 = 10,09% dan prediktor X3 = 20,43%, maka prediktor X1 (Motivasi belajar) lebih dominan berpengararuh dengan Y (Prestasi belajar IPS) dibandingkan dengan prediktor X2 (Semangat Belajar) dan X3 (Disiplin belajar)

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2014-09-30