Perempuan Dalam Iklan: Komodifikasi Dan Eksploitasi Tubuh

Authors

  • Ni Luh Putu Tejawati Prodi Pendidikan Sejarah FPIPS IKIP PGRI Bali

Keywords:

label seks, gender, pendidikan

Abstract

Perempuan bisa bermakna seks, jenis kelamin, atau biologis.Seks merupakan pemberian Tuhan.Seks melahirkan peran seks yang tidak bisa diubah.PerempuanĀ  bisa pula memiliki makna kultural yang dilembagakan lewat pendidikan sehingga terbentuklah gender. Gender teraktualisasi dalam bentuk peran gender. Pada masyarakat Bali gender dilembagakan dengan cara melabeli Perempuan memakai identitas kelamin, identitas gender, dan penanaman peran gender melalui pendidikan di lingkungan keluarga. Perempuan sering menjadi sumber inspirasi, termasuk dalam melahirkan sebuah produk.Pengiklan dan perusahaan periklanan berpandangan bahwa penggunaan sosok perempuan dalam ilustrasi iklan merupakan satu tuntutan estetika untuk memperebutkan perhatian konsumen.Karena itulah dalam dunia periklanan kerapkali dimarakkan oleh kaum hawa.Pengiklan dan perusahaan periklanan berpandangan bahwa penggunaan sosok perempuan dalam ilustrasi iklan merupakan satu tuntutan estetika untuk memperebutkan perhatian konsumen.Mereka beranggapan, perempuan lebih efektif dalam upaya merebut perhatian dari khalayak sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2014-09-30