Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Strategi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Ni Nyoman Padmawati

Keywords:

Lingkungan Teman Sebaya, Strategi Pembelajaran, Prestasi Belajar

Abstract

Dalam meningkatkan prestasi belajar siswa diharapkan untuk melaksanakan model belajar yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023 (2) Pengaruh Strategi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023 (3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Strategi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi dengan pengujian analisis regresi linier dua prediktor dan uji analisis determinasi dengan bantuan spss 20.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Adanya Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya (X1) Terhadap Prestasi Belajar (Y) hal ini didasarkan oleh nilai thitung=2,236 > ttabel=2,006. Dengan nilai signifikan sebesar 0,022 < tingkat signifikan yang ditetapkan yaitu (α=0.05). (2) Ada Pengaruh Strategi Pembelajaran (X2) Terhadap Prestasi Belajar (Y), hal ini didasarkan oleh nilai thitung= 2,281 > nilai ttabel yaitu 2,006. Dengan nilai signifikan sebesar 0,022 < tingkat signifikan yang ditetapkan yaitu (α=0.05). (3) Adanya Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya (X1) dan Strtegi Pembelajaran (X2) Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y), Pada Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023 dengan nilai nilai Fhitung = 8,809 dan nilai signifikan sebesar 0,045. Hal jika dibandingkan dengan Ftabel maka Fhitung = 8,809 > Ftabel =3,17 (4) hasil uji koefisien determinasi menggunakan Adjust R Square yaitu sebesar 6,17% Adanya Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya (X1) dan Strategi Pembelajaran (X2) Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y), Pada Siswa Kelas X1 SMA PGRI 2 Denpasar Tahun Ajaran 2022/2023, sedangkan sisanya sebesar 38,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian. Sehingga berdasarkan hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh signifikan antara Lingkungan Teman Sebaya (X1) dan Strategi Pembelajaran (X2) Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Muhson. (2012) pelatihan analisis statistik dengan SPSS Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.

Anggraini, Rita Dewi. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Pleret. Artikel Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifayani, Yuli.(2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, lingkungan teman sebaya, dan perhatian orang tua terhadapprestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK YPKK 1 Slamen tahun ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakartalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam.2013. Aplikas Analisis Multivariat dengan program IB SPSSS.

Hamruni, 2012. Strategi pembelajaran. Yogyakarta: insan madani.

Ilyas, M. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri.

Jhon W. Santrock. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika. Maesaroh, Siti.2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Mina dan Prestasi Belajar Pendidikan Ekonomi. Jurnal kependidikan. Vol. 1 No.1

Nana sudjana, 2010. Dasar-dasar proses beljar, Sinar Baru Bandung.

Olga, Nyoman. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman, Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pratiwi, Noor Komari. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar SMK Kesehatan Di Kota Tanggeran. Jurnal Pendidikan Vol.1, No.2

Pringgowidagda.2012. strategi belajar dan pembelajaran. Bandung. Penerbit Yrama Widya.

Punaji. 2013. Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia

Salmento. (2013). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Jakarta: rineka cipta.

Santoso, slamet.2010. Teori- teori psikologi sosial. Bandung: Refika Aditama. Santrock, J.W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Senjaya. 2011. Strategi pembelajaran berorientasistander proses pendidikan. Bandung: kencana.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan dan Praktik. Jakarta: Indek Permata Puri Media.

Solihatin, etin. 2012. Strategi pembelajaran. Jakarta: bumi aksara.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2012. memahami penelitian kuantitatif. bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi, Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian untuk Pendidikan Suatu

Pendekatan praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi, Arikunto.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; PT Bina aksara

Published

2024-03-02