KEMAMPUAN MENABUH GAMELAN GONG KEBYAR PADA PEMBELAJARAN GENDING TELU LILIT DENGAN METODE CATUR MAGURU SEKAA GONG ANAK-ANAK BANJAR WERDHI KOSALA UNGASAN KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG TAHUN 2023
Keywords:
Menabuh Gamelan, Metode Catur MaguruAbstract
Tujuan Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektifitas penggunaan metode Catur Maguru di Sekaa Gong Anak-Anak Banjar Werdhi Kosala Ungasan dalam membawakan materi Gending Telu Lilit Dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran Gending Telu Lilit.
Dalam mengadakan sebuah penelitian perlu adanya empat tahapan pembelajaran yang digunakan yaitu Tahapan persiapan (Preparation), Tahap Penyampaian (Presentation), Tahap Latihan (Practice) dan Tahap Penampilan (preparation), Tahap (Practice) menggunakan metode catur maguru untuk pembelajran Gending Telu Lilit. Pembelajaran Catur maguru diartikan sebagai empat cara belajar karawitan Bali yaitu: a. Maguru lima (Tangan) b. maguru kuping (Telinga) c. maguru panggul (Alat Pukul) d. maguru rasa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Menimbang dengan hasil presentase keberhasilan peserta didik dengan memproleh hasil penilaian dari 25 peserta didik dapat diketahui yang mendapat nilai A (Amat Baik) sebanyak 19 Orang dan yang mendapat nilai B (Baik) sebanyak 6 orang. maka dapat dikatakakan pembelajaran Gending Telu Lilit dengan menggunakan metode Catur Maguru Sangat efektif.
Downloads
References
Adi, I Kadek Mahendra. 2022. Skripsi “Kemampuan
Memainkan Tabuh Iringan Tari Telek Tatasan Dengan Metode Pembelajaran Catur Meguru Di Sanggar Wira Yowana Prasetya Kelurahan Tonja Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar Tahun 2022. Denpasar : FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.
Arikunto, Suharsimi 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta
:PT. Rineka Cipta.
Bandem, I Made. 2013. Gambelan Bali di Atas
Panggung Sejarah. Denpasar: BP STIKOM BALI
Dibia, I Wayan. 1977. Pengantar Karawitan Bali.
Denpasar: Proyek ASTI Denpasar Fenty,Ni Ketut, 2020 Skripsi. Penerapan Model
Pembelajaran Catur Meguru Dalam
Pembelajaran Gender Wayang di SLB Negeri Badung, Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Institut Seni Indonesia Denpasar. Gafindo Persada.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
(2005). Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan
Margono (1997). Metodologi Penelitian
Pendidikan. Jakarta : Rineke Cipta.
Meier, Dave. (2002). The Accelerated
Learning: Handbook. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung. Kaifa
Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.
Nurkancana, W., & Sunartana. (1992). Evaluasi
Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna
Pembelajaran. Bandung: Alvabeta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sukerta, Pande Made. 2010. Tetabuhan Bali I, Surakarta: ISI Press Solo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian
Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif,
kualitatif dan R&D. Bandung
: PT Alfabet.