KEMAMPUAN MENABUH GAMELAN GONG KEBYAR PADA PEMBELAJARAN GENDING TELU LILIT DENGAN METODE CATUR MAGURU SEKAA GONG ANAK-ANAK BANJAR WERDHI KOSALA UNGASAN KECAMATAN KUTA SELATAN KABUPATEN BADUNG TAHUN 2023

Authors

  • I Made Putra Astana
  • I Wayan Mastra

Keywords:

Menabuh Gamelan, Metode Catur Maguru

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektifitas penggunaan metode Catur Maguru di Sekaa Gong Anak-Anak Banjar Werdhi Kosala Ungasan dalam membawakan materi Gending Telu Lilit Dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran Gending Telu Lilit.

Dalam mengadakan sebuah penelitian perlu adanya empat tahapan pembelajaran yang digunakan yaitu Tahapan persiapan (Preparation), Tahap Penyampaian (Presentation), Tahap Latihan (Practice) dan Tahap Penampilan (preparation), Tahap (Practice) menggunakan metode catur maguru untuk pembelajran Gending Telu Lilit. Pembelajaran Catur maguru diartikan sebagai empat cara belajar karawitan Bali yaitu: a. Maguru lima (Tangan) b. maguru kuping (Telinga) c. maguru panggul (Alat Pukul) d. maguru rasa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Menimbang dengan hasil presentase keberhasilan peserta didik dengan memproleh hasil penilaian dari 25 peserta didik dapat diketahui yang mendapat nilai A (Amat Baik) sebanyak 19 Orang dan yang mendapat nilai B (Baik) sebanyak 6 orang. maka dapat dikatakakan pembelajaran Gending Telu Lilit dengan menggunakan metode Catur Maguru Sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I Kadek Mahendra. 2022. Skripsi “Kemampuan

Memainkan Tabuh Iringan Tari Telek Tatasan Dengan Metode Pembelajaran Catur Meguru Di Sanggar Wira Yowana Prasetya Kelurahan Tonja Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar Tahun 2022. Denpasar : FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Arikunto, Suharsimi 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta

:PT. Rineka Cipta.

Bandem, I Made. 2013. Gambelan Bali di Atas

Panggung Sejarah. Denpasar: BP STIKOM BALI

Dibia, I Wayan. 1977. Pengantar Karawitan Bali.

Denpasar: Proyek ASTI Denpasar Fenty,Ni Ketut, 2020 Skripsi. Penerapan Model

Pembelajaran Catur Meguru Dalam

Pembelajaran Gender Wayang di SLB Negeri Badung, Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, Fakultas Institut Seni Indonesia Denpasar. Gafindo Persada.

Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode

Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

(2005). Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan

Margono (1997). Metodologi Penelitian

Pendidikan. Jakarta : Rineke Cipta.

Meier, Dave. (2002). The Accelerated

Learning: Handbook. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung. Kaifa

Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian

Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.

Nurkancana, W., & Sunartana. (1992). Evaluasi

Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sagala, Syaiful. (2013). Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung: Alvabeta

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sukerta, Pande Made. 2010. Tetabuhan Bali I, Surakarta: ISI Press Solo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif,

kualitatif dan R&D. Bandung

: PT Alfabet.

Published

2024-03-02