PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023
The Effect Of The Family Environment And Learning Difficulties On Student Learning Outcomes In Workshop And Entrepreneurship Lessons Of Class Xi Students Of Smk Negeri 3 SukawatiAcademic Year 2022/2023
Keywords:
Lingkungan Keluarga, Kesulitan Belajar, Hasil Belajar Prakarya dan KewirausahaanAbstract
Lingkungan Keluarga selalu mengitari manusia dari waktu dilahirkan sampai meninggalnya, sehingga antara lingkungan dan manusia terdapat hubungan timbal balik, selain Lingkungan Keluarga untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa, hal yang perlu diperhatikan juga yaitu kesulitan seseorang siswa dalam hal belajar. Dalam kegiatan belajar tidak semua siswa mampu menerima pelajaran dengan baik atau mengalami kesulitan dalam belajar, karena setiap siswa memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda. Hasil Belajar yaitu kemampuan yang diperoleh siswa melalui kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesulitan Belajar terhadap Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kelas XI Semester Genap di SMK Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini tergolong penelitian Expost facto. Populasi sebanyak 80 siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Sukawati
Hasil analisis menujukan : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan, dengan hasil nilai t hitung =8,278> t tabel 1,991 dan memiliki signifikan sebesar 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh antara Kesulitan Belajar terhadap Hasil Belajar siswa dengan nilai t hitung = 6,078 > t tabel= 1,991 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,002< 0,05. 3) Ada pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesulitan Belajar Terhadap Hasil belajar siswa F hitung sebesar 48,384 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Hasil determinasi sebesar 0,616 berisi 61,6% dan 38,4%. Dijelaskan untuk variabel yang saya tidak teliti.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2010.
Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Akbar Rayendra. 2010. Pengaruh Faktor Kesulitan Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Tegal.
Abin Syamsuddin Makmun. 2011. Psikologi Pendidikan, Penerbit Andi,. Yogyakarta
Aqib, 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cindekia
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Sidoarjo: Kencana.
Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS
Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.
Muhibbin Syah.2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan
Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Punaji Setyosari. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika.
Bandung: Alfabeta.
Riko Septiantoro. 2013. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP N 2 Srandakan”.
Setiono, Kusdwiratri. 2011. Psikologi Keluarga. Bandung: P.T. Alumni.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta Subadi,
Slamet, F. dkk. (2014). Dasar-dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks
Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta
Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Online. http://sdm.data.kemdikbud.go.id
/SNP/ dokumen/undang-undang- no-20-tentang-sisdiknas.pdf.
Diunduh pada 25 Januari 2017. Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik
Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar