PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

The Effect Of The Family Environment And Learning Difficulties On Student Learning Outcomes In Workshop And Entrepreneurship Lessons Of Class Xi Students Of Smk Negeri 3 SukawatiAcademic Year 2022/2023

Authors

  • Ni Nyoman Padmawati Padma

Keywords:

Lingkungan Keluarga, Kesulitan Belajar, Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan

Abstract

Lingkungan Keluarga selalu mengitari manusia dari waktu dilahirkan sampai meninggalnya, sehingga antara lingkungan dan manusia terdapat hubungan timbal balik, selain Lingkungan Keluarga untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa, hal yang perlu diperhatikan juga yaitu kesulitan seseorang siswa dalam hal belajar. Dalam kegiatan belajar tidak semua siswa mampu menerima pelajaran dengan baik atau mengalami kesulitan dalam belajar, karena setiap siswa memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda. Hasil Belajar yaitu kemampuan yang diperoleh siswa melalui kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesulitan Belajar terhadap Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kelas XI Semester Genap di SMK Negeri 3 Sukawati Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini tergolong penelitian Expost facto. Populasi sebanyak 80 siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Sukawati

Hasil analisis menujukan : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan, dengan hasil nilai t hitung =8,278> t tabel 1,991 dan memiliki signifikan sebesar 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh antara Kesulitan Belajar terhadap Hasil Belajar siswa dengan nilai t hitung = 6,078 > t tabel= 1,991 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,002< 0,05. 3) Ada pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kesulitan Belajar Terhadap Hasil belajar siswa F hitung sebesar 48,384 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Hasil determinasi sebesar 0,616 berisi 61,6% dan 38,4%. Dijelaskan untuk variabel yang saya tidak teliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010.

Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Akbar Rayendra. 2010. Pengaruh Faktor Kesulitan Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 1 Tegal.

Abin Syamsuddin Makmun. 2011. Psikologi Pendidikan, Penerbit Andi,. Yogyakarta

Aqib, 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cindekia

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Sidoarjo: Kencana.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS

Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Muhibbin Syah.2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan

Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Punaji Setyosari. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika.

Bandung: Alfabeta.

Riko Septiantoro. 2013. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP N 2 Srandakan”.

Setiono, Kusdwiratri. 2011. Psikologi Keluarga. Bandung: P.T. Alumni.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta Subadi,

Slamet, F. dkk. (2014). Dasar-dasar Kewirausahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks

Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, Eman. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Online. http://sdm.data.kemdikbud.go.id

/SNP/ dokumen/undang-undang- no-20-tentang-sisdiknas.pdf.

Diunduh pada 25 Januari 2017. Widoyoko, Eko Putro. 2014. Teknik

Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Published

2024-02-01