Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 di Sma Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022
Keywords:
Model Pembelajaran Quantum Teaching, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan meningkatkan capaian belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 di SMA Dharma Praja Denpasar lewat implementasi model pembelajaran Quantum teaching 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, di setiap siklus ada empat kali pertemuan, tiga kali pertemuan guna pemaparan materi serta satu kali pertemuan guna tes pengevaluasian hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini yakni kelas XI IPS 2 di SMA Dharma Praja Denpasar Tahun pelajaran 2021/2022 yang dengan total 30 orang siswa. Adapun objek pada penelitian ini yakni Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching serta hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 2 di SMA Dharma Praja Denpasar.
Data awal siswa sebelum dilaksanakan Tindakan siklus I serta II yakni, siswa yang tuntas berjumlah 7 orang (23,33%) serta siswa yang tak tuntas berjumlah 23 orang siswa (76,66%) dimana rerata capaian belajar siswa 66,5 daya serap 66,5% dan ketuntasan klasikalnya 23,33%. Temuan penelitian di siklus I yakni siswa yang tuntas berjumlah 17 orang (56,66%) serta yang tak tuntas berjumlah 13 orang (43,33%). Aktivitas belajar siswa di siklus I adalah 17 orang (56,66%) dan yang tidak tuntas rerata hasil belajarnya 72,50, daya serap 72,50% serta ketuntasan klasikal yaitu 56,66%. Pada siklus II, siswa yang tuntas berjumlah 26 orang (86,66%) serta yang tak tuntas adalah 4 orang (13,33%). Rerata kegiatan belajar siswa di siklus II hingga 83,16 dimana rerata hasil belajarnya 83,16, daya serap 83,16% serta ketuntasan klasikal mencapai 86,66%.
Downloads
References
Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publishe
Muliawan, Jasa Ungguh. 2018. Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research. Jakarta: Penerbit Gava Media
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D