KEMAMPUAN MEMBERIKAN PENGUATAN OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI SMA PGRI 4 DENPASAR

Authors

  • I Nyoman Suarsa

Keywords:

kemampuan memberikan penguatan, penguatan verbal, penguatan non verbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memberikan penguatan oleh guru di SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui bentuk-bentuk penguatan yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia di SMA PGRI 4 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan seperangkat metode: metode penentuan subjek penelitian dengan penelitian populasi, metode pendekatan subjek penelitian dengan metode empiris, metode pengumpulan data dengan metode observasi dan metode pengolahan data dengan metode statistik deskriptif. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan dapat disimpulkan yaitu dari 2 guru yang observasi rata- rata kemampuan memberi penguatan yakni 83 dan79 dengan kriteria penguatan meliputi penguatan dalam bentuk kata, kalimat, gestural dan kegiatan yang menyenangkan. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan memberikan penguatan guru bahasa Indonesia SMA PGRI 4 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dikategorikan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Ni Luh Sue. 2014. “Keterampilan Dasar Mengajar Memberi Penguatan Guru Bahasa Bali SD Negeri Se-Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 20213/2014” Skripsi (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bali, Denpasar.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Djawa, Merlin Yakoba Rambu Ana. 20014. “Keterampilan Dasar Mengajar Memberi Penguatan Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri Se- Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2013/2014” Skripsi (Tidak Diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bali, Denpasar.

Djmarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

E Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Professional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Hasibuan, J.J. Ibrahim, Toenlio, A.J.E., Moedjiono. 1991. Proses Belajar Mengajar: Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Hasibuan, J.J., Modjiono. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Kulsum, Umi. 2013. Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia”. Tersedia dijurnalilmiahhtp2013:blogspot.cp.id/2013/12rendahnya-kualitas-pendidikan-di_29.html?m-1.

Marno, Idris, M. 2009. Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar Yang Efektif dan Edukatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Murtini, Kadek Juni, 2011. “Kemampuan Memberi Penguatan Oleh Guru Bahasa Bali SMK PGRI 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2010/2011”. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Daerah, Bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Bali, Fakultas Pendidikan Bahasa Dan Seni, IKIP PGRI Bali, Denpasar.

Netra, I. B.. 1974. Metodologi Penelitian. Singaraja: Biro Penelitian & Penerbitan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Udayana.

PAH, D.N., Raka Joni. (editor). 1985. Keterampilan Memberikan Penguatan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Soetomo, 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Afabeta.

Suwarna, dkk.. 2005. Pengajaran Mikro: Pendekatan Praktis dalam Menyiapkan Pendidik Professional. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Usman, Moh. User. 2008. Menjadi Guru Professional. Bandung: remaja Rosdakarya.

Wayan, Nurkancana dan PPN Sumartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Published

2023-04-30