ANALISIS STRUKTUR NARATIF NASKAH DRAMA JANGER MERAH KARYA IBED S. YUGA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS DRAMA DI SMA/SMK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terhadap pembaca naskah drama Janger Merah karya Ibed S. Yuga mengenai struktur naratif yang membangun naskah drama tersebut dan bisa dijadikan sebagai acuan dalam pengajaran sastra Indonesia. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat meningkatkan minat masyarakat dalam membaca sastra. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah naskah drama Janger Merah karya Ibed S.Yuga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penelitian pustaka. Dalam naskah drama Janger Merah terdapat dua konflik yang timbul yang diakibatkan oleh tindakan para tokoh. Skema aktan dalam naskah drama Janger Merah ini berjumlah dua skema aktan yang berasal dari dua konflik. Skema aktan utama terdapat pada skema aktan II yaitu tentang dendam Srengi kepada kaum item. Kedua konflik tersebut memiliki skema aktan yang sempurna karena setiap konflik yang muncul dalam naskah drama Janger Merah terdapat subjek, objek, sender (pengirim), penentang, penolong, dan penerima. Model fungsional dalam naskah drama Janger Merah karya Ibed S. Yuga berjumlah dua yang berasal dari dua konflik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarti, Endah. 2012. “Lakon Kresna Duta Versi Ki Nartosabdo: Analisis Strukturalisme Model Vladimir Propp”. Skripsi. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Dipayana, Suarta. 2014. Teori Sastra. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Faruk. 2010. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kurnata,Yudha. 2015. “Strukturalisme (dan) Semantik: Teropong Strukturalisme dan Aplikasi Teori Naratif A. J. Greimas”. Artikel Jurnal. Universitas Airlangga Surabaya.

Nurulhayat, 2016. /Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai Moral dalam Teks Drama dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Siswa Kelas XI SMKN 4 Bandung/. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.

Ratna, Nyoman Kutha 2015. “Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salahuddin, Nurfadilah. 2018. “Skema Aktan dan Model Fungsional Novel Maryamah Karpov: Kajian Naratologi A. J. Greimas”. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

Sonia, Gita. 2012. /Struktur Naratif dan Penokohan pada Novel Garuda Putih Karya Suparto Brata/. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.

Subendi, Didi. 2013. Pengantar Teori dan Aplikasi Struktur Naratif dan Kritik Sastra Feminis. Palembang: Leutikapino.

Sugiyono, 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

S. Yuga, Ibed. 2021. Janger Merah. Yogyakarta: Kalabuku.

Utami, Icha. 2017. /Pembelajaran Mengidentifikasi Konflik Teks Drama dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together di Kels XI SMA 12 Bandung/. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.

Wardhani, Sulistya. 2015. /Kajian Naratologi pada Novel La Lenteur Karya Milan Kundera/. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published

2023-04-30