PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X AP SMK SARASWATI 1 DENPASARTAHUN PELAJARAN 2020/2021

Implementation Of Stad-Type Cooperative Learning Model (Student Teamms Achievement Division) As An Effort To Increase Entrepreneurship Learning Achievement Of Students Of Class X Ap Smk Saraswati 1 Denpasar In Academic Year 2020/2021

Authors

  • I Wayan Suana Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Ni Putu Yuniarika Parwati Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Stad, Prestasi Belajar

Abstract

Abstrak

Pencapaian prestasi belajar siswa yang rendah disebabkan kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi untuk meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran Kewirausahaan. Salah satu alternatif solusinya adalah dengan menerapkan model STAD (Student Teams Achievement Division. Model STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan pendekatan untuk memacu siswa agar saling mendorong dan saling membantu, untuk menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru. adalah siswa kelas X AP SMK Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division, dan prestasi belajar siswa kelas X SMK AP Saraswati 1 Denpasar Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan metode dokumentasi. ke dalam skor standar, menghitung rata-rata hasil belajar, menentukan persentase rata-rata aktivitas siswa, menghitung daya serap, dan menentukan predikat prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Wayan Suana, Prodi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstrak

Pencapaian prestasi belajar siswa yang rendah disebabkan kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi untuk meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran Kewirausahaan. Salah satu alternatif solusinya adalah dengan menerapkan model STAD (Student Teams Achievement Division. Model STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan pendekatan untuk memacu siswa agar saling mendorong dan saling membantu, untuk menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru. adalah siswa kelas X AP SMK Saraswati 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division, dan prestasi belajar siswa kelas X SMK AP Saraswati 1 Denpasar Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan metode dokumentasi. ke dalam skor standar, menghitung rata-rata hasil belajar, menentukan persentase rata-rata aktivitas siswa, menghitung daya serap, dan menentukan predikat prestasi belajar siswa.

Published

2021-09-01