PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ENRICHMENT MODEL RENZULLI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 1 SMKN 1 WAE RI’I KABUPATEN MANGGARAI TENGAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Implementation Of Learning Methods Enrichment Model Renzulli As An Effort To Improve Learning Achievement In History Class X Ips 1 Students Of Smkn 1 Wae Ri'i, Central Manggarai District 2019/2020 Academic Year
Keywords:
Model Pembelajaran, Model Renzulli, Prestasi BelajarAbstract
Abstrak
Penerapan Metode Pembelajaran Enrichment Model Renzulli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMKN 1 WAE RI’I Tahun Pelajaran 2019/2020. Program Studi Pendididkan Sejarah Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Bali, 2019.Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran Enrichment model Renzulli di kelas X IPS 1 SMKN 1 WAE RI’I tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdidri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMKN 1 WAE RI’I tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 28 orang ,yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah Penerapan Metode Pembelajaran Enrichment Model Renzulli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa kelas X IPS 1 SMKN 1 WAE RI’I Kabupaten Manggarai Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisis data adalah menskor tes, menghitung rata-rata hasil belajar, menghitung daya serap, ketuntasan klasikal,menentukan peringkat hasil belajar siswa.