PENERAPAN MEDIA GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS X AP2 SMK PGRI 1 BADUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Keywords:

Google Form, Seni Budaya, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta respon dan dampak atas penerapan media Googel Form dalam mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas X AP 2 SMK PGRI 1 Badung tahun pelajaran 2020/2021. Media Google Form ini merupakan layanan google docs yang dapat digunakan survei, undangan, absensi, kuis online. Media Google Form digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga jika minat belajar siswa meningkat, hasil belajar siswa pun meningkat.

Hasil penelitian menunjukan sebelum penerapan media Google Form nilai rata-rata 69,5. Setelah penerapan media Google Form rata-rata menjadi 85,17 dengan ketuntasan klasikan 100%  pada siklus I yang menunjukan peningkatan yang signifikan sebesar 17,01. Hasil observasi respon siswa sebelum menggunakan media Google Form dengan rata-rat 67,27. Setelah menggunakan Google Form rata-rata menjadi 86,6. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan penerapan media Google Form telah berhasil meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas X AP2 SMK PGRI 1 Badung tahun pelajaran 2020/2021

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aristoteles, TT. “Classical theory of concepts” https://id.wikipedia.org/wiki/Konsep . 20 November 2020: 12.35

Arsyad, Azhar. 2010. “Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan”. Banjarmasin. PT. Raja Grafindo Persada.

Bagaskoro, Aji, dkk. 2013. “Buku Seni Budaya untuk SMK/SMA kelas X Semester 1”.Jawa Tengah.Viva Prakindo

Darwis, Muhamad. 2017. “Belajar dan Pembelajaran”. file:///C:/Users/Master/Downloads/945-1998-1-PB.pdf . 25 Februari 2021: 12.23 WITA.

Drajat, Zakiyah. 1996. “Metodik Khusus Pembelajaran Islam”. http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin/article/view/6/4 25 Februari2021; 11.05 WITA.

Emzir. 2008. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif” Yogyakarta. Gajah Mada University.

Hasanah,Uswatun.2013. “PENERAPAN BAHAN AJAR WORKSHEET DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA”. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/2810/2/Executive%20Summary.pdf 27 Oktober 2020 : 10.12 WITA

Husein,Hamdan.2016. “PENGGUNAAN GOOGLE FORM SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA DOSEN DI PRODI PGMI UNISKA MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI”.https://media.neliti.com/media/publications/284573-penggunaan-google-form-sebagai-alat-peni-9ee5ffe6.pdf 27 Oktober 2020 : 09.36 WITA

Kamaril, 2001. “Konsep Pendidikan Seni Tingkat SD-SLTPSMU. Makalah Semiloka Pendidikan Seni”. Jakarta 18-20 April 2001.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id/ Sabtu, 19 Desember 2020: 20.45 WITA.

Library Universitas Bina Nusantara, 2013. “Seni dan Kebutuhan Manusia”. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2013-1-00459-JP%20Bab2002.pdf 28 November 2020: 22.45 WITA.

Nurkancana, Wayan. 1986. “Evaluasi Pendidikan” Surabaya. Usaha Nasional

Prasetyo, Agung,dkk. 2013 “Buku Seni Budaya untuk SMK/SMA kelas X Semester 1”.Jawa Tengah.Viva Prakindo

Rima,Ega. 2016. “Ragam media pembelajaran”. Jakarta. Kata Pena.

Rizal, Fauzi. 2014. “Penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia” http://repository.upi.edu/ Jumat, 4 Desember 2020 : 12.34 WITA.

Rizky, Ari dkk. 2019. “Pengembangan e-modul berbasis e-learning Mata Pelajaran Seni Budaya Konsep Budaya, Seni, dan Keindahan kelas X SMKN 1 Turen Malang” http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/7950/5666 Jumat, 4 Desember 2020 : 20.48 WITA.

Sudaryo,Yoyo,dkk. 2019. “Metode Penelitian Survei Online dengan Google Form”.Yogyakarta. Andi 1.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Menejemen” Bandung. CV. Alvabeta.

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan RnB” Bandung. CV. Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. 2009. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah” Surakarta. Yuma Pustaka bekerjasama dengan FKIP UNS

Syafalevi, 2011. Pengantar Administrasi Pembangunan. LP3ES: Jakarta

Syah Haji, Riskon Halal. 2020. “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”. Dikutip 12 Oktober 2020 dari Jurnal Sosial dan Budaya : https://core.ac.uk/download/pdf/325992698.pdf

Tri Rahayu,Tya Wahyu.2014. PENGEMBANGAN DIGITAL WORKSHEET MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CTL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA. http://prosiding.upgris.ac.;id/index.php/masif2014/masif2014/paper/view/510/452 29 Oktober 2020 : 11.36 WITA.

Yohanes,Joko. 2016. “Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa”. file:///C:/Users/Master/Downloads/9-17-1-SM.pdf . 20 Februari 2021: 14.34 WITA.

Published

2021-03-02