PENGGUNAAN MEDIA KAMUS VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Sudarti Ni Wayan

Keywords:

kosakata, kosakata bahasa Indonesia, media kamus visual

Abstract

Menguasai kosakata yang memadai akan memudahkan seseorang untuk berkomunikasi. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi penguasaan kosakata bahasa Indonesia. Mahasiswa akan merasa kesulitan jika tidak melihat langsung wujud benda dari kosakata yang dimaksud. Melalui media kamus visual mahasiswa tidak hanya membaca tulisan saja, tetapi juga disertai dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan kosakata yang dimaksud, sehingga mahasiswa tidak akan berimajinasi lagi mengenai kosakata yang diberikan, tapi dapat melihat langsung gambar dari kosakata yang dimaksud.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penggunaan media kamus visual dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bali tahun pelajaran 2019/2020? (2) Apakah penggunaan media kamus visual dapat meningkatkan respon mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi tahun pelajaran 2019/2020?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kamus visual dalam meningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan respon mahasiswa terhadap penggunaan media kamus visual sebagai penunjang pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bali tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 37 orang. Data prestasi mahasiswa dikumpulkan melali metode tes dan data respon mahasiswa dikumpulkan melali metode observasi.

Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kamus visual terbukti efektif dalam meningkatan penguasaan kosakata bahasa Indonesia khususnya kosakata benda berwujud perkakas yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bali. Hal ini terbukti dari peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh oleh mahasiswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata mahasiswa 67,12 meningkat pada siklus II menjadi 81,53. Selain itu, respon mahsiswa pada siklus I yang tergolong cukup positif meningkat menjadi positif pada siklus II

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edesi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2011. MediaPembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Narbuko, Cholid dan H.Abu Achmadi. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, H Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi. 2013. Pengantar Linguistik Umum. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Lux. Semarang: Widya Karya

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Published

2020-03-27