PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Sudarti Ni Wayan

Keywords:

Pelaksanaan pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh latar belakang implementasi pelajaran pendidikan karakter di Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bali. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan pendidikan karakter di Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bali yang berkaitan dengan kebijakan dan administrasi kampus dalam memberikan dukungan terhadap proses belajar mengajar yang mengandung nilai-nilai seperti karakter, lingkungan kampus, dan dosen. Mampu menerapkan pengetahuan proses belajar mengajar yang memiliki nilai-nilai karakter, kompetensi dosen dalam pendidikan karakter, kurikulum yang digunakan, penilaian dan dukungan masyarakat untuk pelaksanaan pendidikan karakter. Metodologi penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar tenaga kampus belum berjalan maksimal dalam pembelajaran pendidikan karakter di Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Books.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, (2007). Memahami penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-10-02