PELATIHAN PRAKTEK SITUS SEJARAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS PGRI MAHADEWA INDONESIA DI CANDI GUNUNG KAWI, GIANYAR BALI
DOI:
https://doi.org/10.59819/sewagati.v3i1.3826Keywords:
Pelatihan, Praktek Situs Sejarah, Candi Gunung KawiAbstract
Praktek situs adalah salah satu program kegiatan proses pembelajaran yang memanfaatkan peninggalan berupa objek sejarah sebagai dasar penerapan langsung kegiatannya. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah, metode karya wisata, metode bimbingan dan metode pelatihan. Materi pelatihan praktek situsĀ sejarah ini antara lain: Materi yang diberikan adalah dasar-dasar situs sejarah, cara menjadi melakukan praktek situs, situs sejarah yang akan digunakan untuk kegiatan pelatihan praktik situs. Dapat dijelaskn hasil observasi selama kegiatan berlangsung, dapat ditarik kesimpulan kepada peserta pelatihan praktik situs, materi yang diebrikan kepada peserta dapat diterima dengan baik. Respon dari pelatihan sangat positif dan antusias. Hasil kegiatan pengabdian ini antara lain 1) dapat memahami dasar-dasar praktik situs sejarah 2) memahami tugas dan studi praktek situs sejarah 3) Berlatih menjadi pelatih situs dari cara mencari jejak sejarah , dan mengkaji jejak secara lewat praktik situs secara langsung 4) mampu menjadi individu yang dapat mengkaji pristiwa-pristiwa sejarah lewat kajian praktek situs sejarah.
Downloads
References
Purnamasari, Iin. "Pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis situs sejarah lokal di SMA negeri kabupaten temanggung." Paramita: Historical Studies Journal 21.2 (2011).
Kiswinarso, Hemy, and Muhammad Hanif. "Kebijakan pemerintah kabupaten ponorogo dalam pelestarian situs peninggalan sejarah tahun 2000-2015." Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 6.01 (2016): 65-81.
Kochar,SK. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: Grasindo
Sriwati, Sriwati, et al. "Pelatihan Guide bagi Borneo Historical Community (BHC) dalam Memperkenalkan Situs Bersejarah di Kota Banjarmasin." Jurnal Pengabdian UNDIKMA 4.2 (2023): 439-447.
Heri, Susanto. "Seputar pembelajaran sejarah; isu, gagasan dan strategi pembelajaran." Aswaja Pressindo (2014).
Timothy, D. J., & Boyd, S. W. (Eds.). (2003). Heritage tourism in the 21st century: Valued traditions and new perspectives. Routledge
Ashworth, G. J., & Larkham, P. J. (1994). Building a new heritage: Tourism, culture and identity in the new Europe. Routledge.
Smith, M. K. (2003). Issues in cultural tourism studies. Routledge
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 I Nyoman Bayu Pramartha, Ni Putu Yuniarika Parwati, Ni Luh Putu Tejawati, Dewa Made Alit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .