PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DENGAN SPARKOL BAGI GURU SMP N 1 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.59819/sewagati.v3i1.3763Keywords:
animasi, media pembelajaran, pelatihan sparkol.Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP N 1 Kediri yang terletak di di Jl. Terunajaya No 22, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan Bali. Dari hasil pengamatan permasalahan pokok yang dialami mitra yaitu kurangnya pengetahuan guru dalam pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Saat ini sebagian besar guru hanya memanfaatkan media pembelajaran konvensional seperti power point, video pembelajaran sederhana dan beberapa media konvensional lainnya. Hal ini menjadikan proses pembelajaran menjadi kurang menarik bagi peserta didik, sehingga mengakibatkan kurangkanya motivasi dan minat belajar peserta didik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah mitra. Dimana solusi yang diberikan yaitu berupa pelatihan dan pendampingan pada guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam merancang media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Secara khusus tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan kepada guru dalam membuat media pembelajaran berbasis animasi dengan Sparkol. Evaluasi terhadap peserta dilakukan nberdasarkan respon peserta terhadap pertanyaan dalam angket sebelum dan sesudah pelatihan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan yang terdiri dari: tahap sosialisasi, tahap pelatihan serta tahap evaluasi. Dari hasil evaluasi didapatkan bahwa 89% guru peserta pelatihan setuju bahwa menggunakan video animasi dapat meningkatkan animo belajar siswa.
Downloads
References
Achsin. 2000. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Ujung pandang: IKIP Ujung pandang
K. Agustini, and J. G. Ngarti. (2020) Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 62-78,
M. R. Akbar, A. R. Hakim, and A. Haris. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0, Darmabakti: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 51-57, 2020
S. Amin. (2019). Peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran sparkol videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 4, no. 4, pp. 563-572, 2019
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2024 I Wayan Juliawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Sewagti agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access) .