STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BERKELNAJUTAN PADA MASYARAKAT PENATIH: INTEGRASI NILAI-NILAI TRI HITA KARANA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI LOKAL

Authors

  • Putu Diah Asrida Universitas Warmadewa
  • I Gede Agus Adi Saputra Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59819/sewagati.v3i1.3732

Keywords:

Kewirausahaan Berkelanjutan, Tri Hita Karana, Integrasi Budaya Lokal

Abstract

Pengabdian ini membahas strategi pengembangan kewirausahaan berkelanjutan pada Masyarakat Penatih dengan fokus pada integrasi nilai-nilai Tri Hita Karana dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal. Dengan menggunakan pendekatan partisipatif yang melibatkan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, program pengabdian ini mengadopsi pendekatan holistik yang mencakup pelatihan dan pendidikan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Tri Hita Karana dalam strategi pengembangan kewirausahaan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi lokal, dengan membuka peluang baru bagi masyarakat dalam mengembangkan usaha berkelanjutan yang menghormati budaya lokal dan alam. Kesimpulan dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya menghargai dan memanfaatkan kearifan lokal dalam pembangunan ekonomi komunitas, serta perlunya kolaborasi antar berbagai pihak dalam mendukung pembangunan kewirausahaan berkelanjutan yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2008).Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: AlfabetaHaryanto,

Gima, K., and Anthony, K., An Empirical Investigation of the Effect of Market Orientation and Entrepreneurship Orientation Allignment on Product Inovation. Organization Sciene, 12(1), 2001, pp. 54-74.

Iswan. 2021. Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Depok : Rajawali

Kreiser, P. D., Marino, and Weaver, K. M., Assessing the Psychometric Properties of Entrepreneurial Orientation Scale: A Multi – Country Analysis. Journal of Entrepreneurship Theory and Practise, 26, 2002, pp. 71 – 103

Nirmala, N., & Wijayanto, W. (2021). Minat Berwirausaha Kaum Wanita di Kota Purwokerto. Ekonomis: Journal of Economics and Business,5(1), 282-290.

Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang.Gema Keadilan,5(1), 16-31.

Riana, I Gede. 2011. Dampak Penerapan Kultur Lokal Tri Hita Karana terhadap Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar. Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1, Juni 2011, 37-44.

Windia, W., dan Ratna, K. D., Analisis Bisnis yang Berlandaskan Tri Hita Karana. Penerbit Universitas Udayana, Denpasar, 2007.

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles