PENGETAHUAN TENTANG ANTI BULLYING PADA ANAK SD
DOI:
https://doi.org/10.59819/sewagati.v2i2.3325Keywords:
Kata kunci: bullying, sekolah dasar.Abstract
ABSTRAK
Usia sekolah dasar adalah waktu yang tepat bagi anak untuk membentuk karakter. Dimana orang tua pada umumnya menginginkan anak memiliki karakter yang mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan psikologi anak. Salah satu karakter anak adalah perilaku yang positif dan tidak menyakiti orang lain. Namun, tidak menutup kemungkinan muncul perilaku bullying pada individu. Bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan dengan sengaja dan terus-menerus dilakukan untuk mengancam atau menyakiti seseorang yang dianggapnya lebih lemah. Bullying sering sekali terjadi di lingkungan sekolah dasar, dimana siswa-siswi terkadang belum memahami apa itu bulying dan bagaimana dampaknya. Oleh karena itu, kami melakukan kegiatan pengabdian pada siswa-siswi SD terkait anti bullying. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada siswa-siswa mengenai bullying dan cara pencegahannya. Metode yang digunakan yaitu dengan ceramah tentang bullying dan memberikan contoh pencegahannya. Hasil dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SD dapat mengerti tentang apa itu perilaku bulying, dampaknya dan bagaimana mencegahnya.