PEMBINAAN PENDALAMAN MATERI MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT EXCEL BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI YAYASAN BHAKTI SENANG HATI DESA SIANGAN, GIANYAR

Authors

  • Ni Luh Gede Ambaradewi Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Gde Iwan Setiawan Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Dewa Ayu Eka Purba DharmaTari Univeristas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59819/sewagati.v1i2.2908

Keywords:

disabilitas, Yayasan Bhakti Senang hati, Pendidikan

Abstract

Salah satu arah pembangunan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) adalah meningkatkan kualitas manusia dalam masyarakat Indonesia. Pendidikan merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan manusia Indonesia yang cerdas, unggul dan motivasi tinggi untuk berkontribusi demi kemajuan bangsa. Jalur pendidikan yang biasa ditempuh adalah jalur pendidikan formal. Namun ada yang tidak bisa menenpuh jalur ini. Contohnya para penyandang disabilitas. Karena keterbatasan yang mereka miliki, tidak memungkinkan untuk menempuh pendidikan dijalur normal. Mereka biasanya tertampung dalam sebuah wadah seperti yayasan. Yayasan Bhakti Senang Hati merupakan sebuah yayasan yang terletak di Banjar Teruna, Desa Siangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Para penyandang disabilitas di yayasan ini diberikan kesempatan untuk tinggal di lingkungan yayasan dan meyediakan berbagai pelatihan pengembangan diri, mereke juga belajar mengelola keuangan yang mereka hasilkan dan tidak jarang mereka juga membuat proposal kerja sama dengan berbagai pihak. Untuk lebih mematangkan kemampuan mereka dalam menulis sebuah proposal dan untuk lebih memudahkan dalam membuat sebuah laporan keuangan maka perlu diberikan pembinaan materi microsoft word dan microsoft excel. Pembinaan dilakukan selama 2 bulan dan untuk mengetahui tingkat kemajuan yang mereka miliki dilakukan proses evaluasi di akhir pertemuan. Dari hasil evaluasi diketahui bahwa kemampuan dalam menulis sebuah proposal dan melakukan perhitungan sedehana menjadi lebih baik.

One of the development directions in the GBHN is to improve human quality in Indonesia society. Education is an absolute requirement to realize intelligent, superior and highly motivated Indonesian people to contribute to the progress of the nation. The path of education that is usually taken is the path of formal education. However, there are those who cannot reach this path. For example, people with disabilities. Because of the limitations they have, it is not possible to pursue education in the normal way. They are usually accommodates in a container such as a foundation. The Bhakti Senang Hati foundation is a foundation located in Banjar Teruna, Siangan Gianyar. Person with disabilities at this foundation are given the opportunity to live in the foundations environment and provide various self development training. More able to make proposals and make financial reports, given microsoft word and microsoft ecxel training. Exercise was carried out for 2 months. To determine the ability to be evaluated. From the results of the evaluation it is known that the ability to be better.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-09

Issue

Section

Articles